ISTIMEWA
Polisi: Syahrini Bukan Saksi Kunci Kasus Abraham Samad
About Jakarta

TERASJAKARTA - Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memeriksa artis Syahrini, Senin (2/3/2015). Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menjerat ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad.

"Hari ini Syahrini akan hadir, sesuai dengan jadwal," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto saat dihubungi, Senin pagi.

Rikwanto mengatakan, Syahrini merupakan teman dekat dari Feriyani Lim, pelapor perkara dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan Abraham. Penyidik Polri akan mengorek keterangan dari Syahrini terkait benar tidaknya tudingan Feriyani kepada Abraham.

"Syahrini bukan saksi kunci, penyidik hanya ambil beberapa keterangan saja dari dia," ujar Rikwanto.

Abraham ditetapkan sebagai tersangka pada 9 Februari 2015 setelah penyidik melakukan gelar perkara. Penyidik berpendapat, alat bukti telah cukup didapat, yakni Kartu Keluarga (KK), KTP, dan paspor Feriyani, yang diduga palsu.

Sejauh ini, penyidik Polda Sulawesi Selatan dan Barat telah memeriksa 23 orang saksi. Mereka berasal dari pihak imigrasi, kecamatan, kelurahan dan sebagainya. Seluruh bukti menunjukkan bahwa Abraham terlibat pemalsuan dokumen.

Feriyani melaporkan Abraham ke Bareskrim Polri atas dugaan memalsukan dokumen untuk pembuatan paspor. Kuasa hukum Feriyani, Haris Septiansyah, mengatakan bahwa laporan dibuat karena kliennya dirugikan atas tindakan Abraham dan teman Abraham bernama Uki.

Perkara tersebut berawal dari keperluan Feriyani untuk membuat paspor pada 2007. Saat itu, domisili Feriyani masih di Pontianak, Kalimantan Barat. Karena mengalami kesulitan administrasi, teman Feriyani menyarankannya untuk pindah ke Makassar. Feriyani ditawari bantuan untuk mengurus pembuatan paspor.

Saat di Makassar, Feriyani kemudian ditawari bantuan oleh Uki dan Abraham. Menurut Haris, bantuan itu dilakukan dengan memasukkan identitas Feriyani ke dalam kartu keluarga Abraham. Namun, menurut Haris, diduga telah terjadi pemalsuan identitas dalam dokumen paspor yang dimiliki Feriyani.

Dalam kasus ini, Feriyani menuduh Abraham melakukan pemalsuan surat dokumen kepada instansi pemerintah, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 93 Undang-Undang No 23 Tahun 2006 yang telah diubah menjadi Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan atau Pasal 263 Ayat 2 KUHP dan atau Pasal 264 KUHP. Saat ini Feriyani telah berstatus sebagai tersangka.

Menurut Haris, pada 29 Januari 2015, kliennya diadukan oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat ke Badan Reserse Kriminal Polri atas kasus yang sama, yaitu terkait pemalsuan dokumen. Kasus tersebut kini telah dilimpahkan ke Polda Sulawesi Selatan dan Barat.

(tj21)







EKBIS

OLAH TKP PEMBUNUHAN PEDAGANG BUAH, ANJING PELACAK DI KERAHKAN

TERASJAKARTA - Tewasnya Sutrisno (20), penjual buah di Jalan Kerja Bakti RT 05/02, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (20/12/2014) pagi, membuat syok rekannya. Pasalnya, Sutrisno dikenal sebagai orang yang baik dan humoris. Kasnu (37), rekan korban mengatakan, sehari-hari, Sutrisno berjualan dengan Pardi (22). Mereka berjualan bergantian, pasalnya, lapak buah mangga dan semangkanya tersebut buka selama 24 jam. "Saat itu Pardi, gantian jaga lapaknya, dia tidur di kursi belakang lapak. Sedangkan, Sutrisno, jagain sendirian. Si Pardi sadar sekitar jam 3 pagi, ada yang beli, tapi dia cuek aja," kata Kasnu ditemui di lokasi, Sabtu (20/12/2014) siang. Tapi, tiba-tiba, Pardi dikejutkan oleh teriakan Sutrisno. Saat itu, Sutrisno berteriak minta tolong sambil menutupi leher yang terus mengucurkan darah. "Pardi langsung bangun, lihat Sutrisno sudah tertusuk di leher kanan dan kiri, dan dadanya sudah mengucurkan darah. Lalu ia lihat ada dua -->selengkapnya





NASIONAL

GOLKAR TOLAK ATURAN UJI PUBLIK DI PERPU PILKADA

TERASJAKARTA - Fraksi Partai Golkar menyetujui peraturan pemerintah pengganti undang-undang No 1 tahun 2014 tentang pemilihan kepala daerah (perppu pilkada) untuk disahkan menjadi Undang-undang. Namun, Golkar merasa ada beberapa hal dalam perppu yang harus direvisi, salah satunya mengenai peraturan uji publik bagi calon kepala -->selengkapnya

UTAMA

SELEB

Polisi: Syahrini Bukan Saksi Kunci Kasus Abraham Samad

TERASJAKARTA - Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memeriksa artis Syahrini, Senin (2/3/2015). Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menjerat ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad. "Hari ini Syahrini akan hadir, sesuai dengan jadwal,"
selengkapnya...

TEKNO

Kini WhatsApp Web Bisa Dibuka 3 Browser

TERASJAKARTA - Beberapa waktu yang lalu WhatsApp meluncurkan fitur terbaru mereka yang bisa dibuka atau dijalankan melalui perangkat PC atau laptop bertajuk “WhatsApp Web. Akan tetapi saat itu WhatsApp Web hanya bisa dijalankan menggunakan browser Google Chrome. Namun seiring dengan
selengkapnya...

OLAHRAGA

Kerusuhan, Yunani Hentikan Sepakbola Yunani Sementara

TERASJAKARTA - Pemerintah Yunani menghentikan kompetisi sepak bola profesional di negara itu akibat kerusuhan yang terjadi kala Olympiakos dan Panathinaikos bertanding. Para pendukung saling lempar batu, botol, dan melakuan pembakaran ketika Panathinaikos mengalahkan Olympiakos 2-1 pada akhir
selengkapnya...

OLAHRAGA

INI DIA SOSOK PELATIH PENGGANTI SCOLARI

TERASJAKARTA - Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menunjuk Carlos Dunga sebagai pelatih timnas Brasil, menggantikan Luiz Felipe Scolari, Selasa (22/7/14) waktu setempat. Scolari dicap gagal total setelah Brasil kalah 1-7 dari Jerman di semifinal Piala Dunia 2014. Tak hanya itu, mereka juga takluk 0-3 dari Belanda di perebutan tempat ketiga. Hasil itu semakin memalukan karena dialami di kandang sendiri. Menyusul hasil tersebut, pelatih berusia 65 tahun itu mengundurkan diri. Bagi Dunga, ini akan menjadi periode keduanya melatih timnas Brasil. Sebelumnya ia pernah mengisi posisi yang sama pada periode 2006-2010. Prestasinya adalah mengantar Brasil menjadi juara Copa Amerika 2007 dan meraih trofi Piala Konfederasi 2009. Pada 2010 ia mengantarkan Tim Samba hingga perempatfinal Piala Dunia 2010, takluk 1-2 oleh Belanda. “Saya sangat senang bisa kembali, Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada saya,” kata Dunga seperti dikutip -->selengkapnya

KULINER

PEDAS BEREMPAH MIE ACEH UNTUK MAKAN MALAM MENGENYANGKAN

TERASJAKARTA - Ingin yang hidangan pedas malam ini? Sepiring mie Aceh bisa menjadi pilihan. Mie hokien kenyal diracik bersama bumbu kari dan cabai. Dilengkapi seafood, ayam dan sayuran. Mau yang berkuah atau kering? Sama -->selengkapnya
anak : yah, apakah seorang bapak tentu lebih pandai dari pada anak nya ?.
bapak : ( dengan bangga ) ya pastilah.
anak : ohh.. kalo gitu siapakah orang yg menemukankan listrik yah?.
bapak : pastilah edison.
anak : lantas kenapa bukan bapak nya edison yg menemukannya.
bapak : #*&@!^& -pusing-
Bu Guru: Oke, siapa yg bisa jawab pertanyaan bu guru boleh pulang!!
Udin: *lempar pengapus ke papan tulis*
Bu Guru: Siapa yang lempar tadi?
Udin: Saya bu ! Horee bisa pulang...
Bu Guru: *langsung pulang *mogok gak mau ngajar lg*

Apakah anda setuju Premium dihapus ?